Apaan itu “baguette” roti Perancis ?

Apaan itu “baguette” roti Perancis ?

Roti panjan yang jadi symbol dari negara Perancis yang keras krispy di luar (sampe bisa luka mulut kalau di gigit) dan empuk agak asin di dalam. “Baguette” artinya “batang” dan di kasih nama itu karena bentuknya seperti itu. Sudah tibah di Indonesia sekitar 25 tahun lalu tetap untuk 5 tahun terakhir mulai menjadi terkenal dan terkonsumsi di mana mana.

Baguette itu hanya di buat dari campuran tepung gandum ,air,garam dan ragi …itu saja .Jadi walaupun bahan sangat sederhana hasil bisa macam macam berbedah tergantung cara atau kemempuan si chef karena technology buatan roti Perancis ngak ada habis. Misalnya dari pada membeli ragi bisa membuat sendiri dari berbagai macam seperti buah,sayur dll.

Hal yang perlu tahu mengenai baguette  :

1/ baguette tidak bisa di simpan lama dan harus di makan dalam 6 jam setelah di produksi. Tetapi ada beberapa cara prosess yang hasil tahan sedikit lebih lama.

2/ caranya untuk mendapatkan kulit tipis dan krispy harus di kasih uap pada saat masuk ke dalam oven

3/ kualitas baguette paling bagus bisah di lihat dari lobang yang ada di dalam , mankin besar jadi lebih berkualitas.

4/ daya tahan baguette tergantung lamanya waktu prosess fermentasi dan buatan adonan. Jadi jika process kembang tidak di paksa dengan prover atau benyak ragi berarti hasil akan tahan lebih lama dan rasa akan lebih mantap. Baguette yang di buat dengan cepat berarti kualitasnya kurang.

5/ warna baguette dan semua roti Perancis tidak boleh warna putih ( pucat) , harus golden brown (sampai coklat gelap) agar semua aroma bisa sempurna . Roti pucat tidak ada rasa maka di tambahkan gula.

Selamat enjoy baguette ,roti tradisi Perancis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *